Epidemiologi dan Peranannya di dalam Pemecahan Masalah Kesehatan di Masyarakat

Posted: Oktober 18, 2010 in Dasar Epidemiologi

Epidemiologi
1. Pengertian
Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu
Epid: tentang
Demos: penduduk
Logos: ilmu
Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penduduk. Akan tetapi untuk saat ini istilah tersebut tidak dipakai karena terlalu umum mempelajari masalah penduduk sedangkan pada saat ini epidemiologi lebih mempelajari penyakit dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan masalah kesehatan yang berada di lingkungan penduduk.
2. Sejarah Epidemiologi
a. Hipocrates (400 SM): on airs, water, and places
Hipotesanya bahwa penyakit itu berhubungan dengan lingkungan termasuk pada perubahan musim sehingga tejadi variasi jenis penyakit.
b. Jhon Snow (1850) mengungkapkan masalah wabah hipotesanya bahwa cholera oleh air yang terkontaminasi. Beliau membedakan antara penduduk sesuai dengan air yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari.
c. Doll and Hill (1950) mengungkapkan designed penelitian case control yang menggambarkan antara merokok dan kanker paru-paru.
d. Dawber (1955) mengungkapkan design cohor yaitu penelitian tentang faktor resiko penyakit cardiovaskuler pada pembelajaran Framingham Heart. Pada tahun ini epidemiologi mulai mempelajari menegnai penyakit tidak menular di Eropa.
Dilihat dari perkembangan sejarah epidemiologi dapat ditarik kesimpulan bahwa epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari masalah kesehatan pada populasi manusia yaitu mengenai frekuensi dan penyebaran, determinan serta faktor yang mempengaruhinya.
Di dalam mempelajari epidemiologi perlu diketahui 3 hal pokok pada epidemiologi yaitu:
a) Frekuensi masalah kesehatan, menunjukkan besarnya masalah kesehatan. Frekuensi masalah kesehatan ini perlu diketahui untuk mengetahui prioritas mana yang harus didahulukan.
b) Penyebaran masalah kesehatan. Pengelompokan masalah kesehatan dilakukan pada suatu keadaan tertentuyitu meliputi menurut orang, tempat, dan waktu.
c) Faktor determinan, merupakan faktor penyebab masalah kesehatan.
3. Prinsip dan Ruang Lingkup Epidemiologi
Prinsip epidemiologi
• Subyek dan obyek epidemiologi adalah masalah kesehatan.
• Masalah kesehatan yang dimaksud yaitu masalah kesehatan yang ditemukan dalam sekelompok orang.
• Dalam merumuskan penyebab timbulnya masalah kesehatan dimanfaatkan data tentang frekuensi dan penyebaran masalah tersebut.
Ruang Lingkup epidemiologi
Ruang lingkup masalah epidemiologi sangat luas meliputi penyakit menular, penyakit tidak menular, epidemiologi klinik dan masih banyak macamnya.
4. Tujuan epidemiologi
 Menjelaskan kejadian masalah kesehatanmelalui identifikasi sebab atau determinan
 Memprediksi jumlah dan distribusi masalah kesehatan dalam suata populasi.
 Memggambarkan frekuensi, distribusi, pola, kecenderungan kejadian penyakit atau masalah kesehatan dan status kesehatan.
 Mengendalikan distribusi dan masalah kesehatan di suatu populasi

Peranan epidemiologi dalam masalah kesehatan di masyarakat
Sebelumnya mari kita lihat capaian studi epidemiologi. Capaian study epidemiologi ada 3 yaitu:
1) Epidemiologi Deskriptif
Dalam epidemiologi deskriptif dipelajari bagaimana frekuensi penyakit berubah sesuai variabel orang, waktu, dan tempat.
Orang; akan dibicarakan bagaimana peranan umur, jenis kelamin, kelas sosial, pekerjaan, danparitas mempengaruhi status kesehatan.
Tempat; pengetahuan mengenai distribusi geografis suatu penyakit berguna untuk perencanaan pelayanan kesehatan dan dapat memberikan penjelasan mengenai etiologi penyakit.
Waktu; mempelajari hubungan antara waktu dan penyakit merupakan dasar didalam analisis epidemiologis karena perubahan penyakut menurut waktu menunjukkan adanya perubahan faktor etiologis.
2) Epidemiologi Analitik
Pendekatan ini digunakan untuk menguji data serta informasi yang diperoleh study epidemiologi deskriptif. Ada 3 macam studi epidemiologi analitik.
 Studi Riwayat Kasus (Case History Studies)
Dalam studi ini akan dibandingkan antara 2kelompok orang yang terkena wabah dengan yang tidak terkena wabah (kelompok kontrol).
 Studi Kohort (Kohort Studies)
Sekelompok orang dipaparkan pada suatu penyebab penyakit kemudian diambil sekelompok orang lagi yang mempunyai ciri-ciri yang sama dengan kelompok pertama tetapi tidak dipaparkan pada penyebab penyakit (kelompok kontrol). Setelah beberapa saat dkedua kelompok tersebut dibandingkan dan dicari makna perbedaan yang etrjadi antara dua kelompok tersebut.
 Epidemiologi Eksperimen
Dilakukan dengan mengadakan eksperimen kepada kelompok sunyek kemudian dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Dari ketiga studi epidemiologi tersebut diatas dapat dilihat bahwa peranan epidemiologi dalam masalah kesehatan sangat penting. Dengan melakukan studi tersebut maka akan diperoleh faktor penyebab masalah kesehatan atau penyakit itu terjadi kemudian akan diketahui cara penyelesaiannya dan pada akhirnya nanti kita dapat mengendalikan masalah kesehatan itu dan mencegahnya agar tidak kembali pada suatu populasi serta dapat mencegah agar masalah kesehatan itu tidak menyerang populasi yang lain.
Epidemiologi memberikan gambaran mengenai masalah kesehatan, seberapa besar dan perlu atau tidaknya suatu masalah kesehatan diwaspadai.
Epidemiologi juga memberitahukan daerah mana yang perlu untuk ditangani terlebih dahulu, sesuai tingkatan daerah epidemiologi yaitu daerah endemik, pandemik, epidemik, dan sporadik.
Sumber :
Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Cet. ke-2, Mei. Jakarta : Rineka Cipta. 2003.
Situs : http://www.geocities.com/klinikikm/epidemiologi/pengertian-peranan.htm
Modul materi “dasar epidemiologi” Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro 2010

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s