berbagai Ibrah hanya dari satu pengalaman saja

Posted: Januari 10, 2011 in Uncategorized

sahabat saya ingin berbagi sedikit pengalaman….
Ahad, 9 Januari 2011 menjadi hari yang sangat berkesan dalam hidupq…. Sungguh pengalaman yang sangat menakjubkan dan tak kan terlupakan…. Hemmmm…..
Aq mengikuti kegiatan wisata ziarah yang diadakan oleh para remaja di kampoeng ….. wisata ziarah sangat efektif untuk mengingat mati pikirQ apa salahnya jika aq ikut berangkat dan mengingat bahwa keamatian itu sungguh sangat dekat tak ada yang bisa memperkirakan…. Jika kita mau menyadari bahwa kematian sangat dekat dengan kita bukankah kita akan lebih memaknai kehidupan???
Sempat merasa iri kepada para ulama yang kamii ziarahi….. banyyak sekali yang melantunkan dzikir dan tahlil untuk mereka, melantunkan doa, memohonkan ampun kepada-NYA……. Bukankah sangat membahagiakan jika setelah kita meninggal banyak yang mengingat dan mendoakan kita…. Memohonkan ampunan, Rahman dan Rahim-NYA….
ALLAHU AKBAR……
Dan tak terasa beberapa tetes air mengalir dari mataq, membasahi pipi….. sungguh sangat menakutkan jika pada saat ini ALLAH memanggil ruh kita, padahal bekal yang kita tabung belum mencukupi untuk menjajaki jalan syurga…. Bukan…. Bahkan bukan menjajaki jalan syurga akan tetapi bau syurga pun belum mampu kita cium…… astaghfirullah…….
Jika malaikat Izrail telah datang, kita tak bisa melakukan teknik lobbying lagi…… apa yang mau di loby kalau memang itu telah menjadi takdir…… kita hanya bisa pasrah dan berdoa saja semoga tabungan amal yang kita punya cukup untuk menyelamatkan kita di akhirat…….. dan yang terpenting jangan sia-siakan hal-hal kecil yang bisa menambah tabungan amal kita…… semoga kita selalu berada dalam lindungan dan ridho-NYA…….. AMIN…….
ALLAHU AKBAR……
Sehari melakukan berbagai kunjungan ke beberapa daerah ini, bukan saja mengingatkanq akan kematian yang sungguh sebenarnya sangat dekat…… tapi banyak sekali ibrah yang bisa diambil dalam kunjungan ini……
Betapa tidak, setelah berakhir kunjungan ziarah, kami beranjak kembali ke rumah…….. tetapi sangat mengagetkan ketika sampai di sebuah jembatan besar di daerah Muntilan, Magelang, kami tidak diperkenankan melewati jembatan tersebut karena banjir lahar dingin kembali terjadi dan lebih parah daripada banjir lahar dingin pada hari Senin yang lalu…… hanya tinggal kurang lebih 1 meter lahar dingin mampu sampai ke daratan… jembatan pun bergoyang karena banjir tersebut……. Bukan hanya air, akan tetapi pasir dan batu pun ikut hanyut terbawa……
Mobil yang kami naiki mulai meragu untuk melanjutkan perjalanan….. sampai akhirnya kami memilih untuk putar arah…….. kami mulai mencari jalan keluar agar bisa menemukan jalan pulang…… tetapi malangnya arah yang kami tuju itu ternyata menjumpai hal yang sama, jembatan darurat yang sedang berada dalam masa perbaikan tersebut juga tidak bisa dilewati justru jembatan ini lebih parah…… akhirnya setelah beberapa lama terdiam ditempat kami memutuskan untuk mencari jalan lain, lewat Borobudur saja!!!!! Awal perjalanan terasa menyenangkan karena kami pikir bahwa kami telah mendapatkan jalan keluar…… perjalanan terasa mencekam dengan ketegangan para penumpang dan lampu-lampu jalan yang mati membuat hati semakin berdebar…….di tengah perjalanan beberapa mobil yang kami jumpai meminta kami memutar arah karena jalan yang kami tuu terjadi longsor……… Aq hanya bisa tersenyum dan melucu saja agar penumpang lain yang satu mobil denganq tidak semakin panik……….. jujur aq juga panic tetapi aq tak ingin menunjukkan kepanikanq kepada semua orang……. Mendengar perang komentar para penumpang dan keluhan mereka sungguh membuat kepalaq hendak pecah……. Penat sekali rasanya……..
Kemudian kita berhenti sejenak untuk memikirkan jalan terbaik dengan tanpa kepanikan dan pemikiran jernih……… salah seorang berkata bahwa rombongan yang lain mengalami hal yang lebih sulit karena mereka terjepit diantara longsoran di tempat kami tadi memutar arah…….. suasanan semakin menegangkan……. Kepanikan kembali terjadi…..
Akhirnya diambil jalan, kami kembali ke arah jalan utama tempat jembatan pertama yang kami jumpai……. Alhamdulillah ternyata jalan tersebut telah dibuka kembali…… kami melanjutkan perjalanan dan selamat sampai di rumah………. Wawh…… pengalaman ini baru sekali kurasakan…… lega sekali rasanya setelah selama lebih dari 2 jam kami terkurung dalam kepanikan dan ketakutan…….
Sahabat apa kira-kira ibrah yang bisa kita ambil dari peristiwa yang aq alami????
Aq pikir memang kesabaran itu tiada duanya…… kemudian tenang dan berpikir jernih ditengah kepanikan sangat penting……. Lalu aq pikirkan lagi jika kami hanay menunggu di dekat jembatan yang pertama atau jembatan yang kedua akan sangat berbahaya karena air samapi ke daratan, karena kami mencari jalan keluar dengan berbolak-balik kea rah yang sama beberapa kali itu merupakan jalan yang ALLAH berikan sembari menunggu air surut….. dan benar saja kan terbukti setelah perjalanan panjang dan kami kembali ke jalan utama ternyata jalan sudah dibuka kembali……. ALLAHU AKBAR!!!!
Memang pertolongan ALLAH itu sangat dekat tanpa kita sadari…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s